Saturday, November 5, 2011

terapi herbal hipertiroid

TERAPI HERBAL HIPERTIROID


Pengertian penyakit hipertiroid : 

terlalu banyak hormon tiroksin. Hipertiroid secara signifikan dapat mempercepat metabolisme tubuh Hipertiroid (tiroid terlalu aktif) adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid menghasilkan, menyebabkan penurunan berat badan secara tiba-tiba, detak jantung yang cepat atau tidak teratur, berkeringat dan gelisah atau lekas marah. Terdapat beberapa pilihan pengobatan dan umumnya berespon baik dengan pengobatan yang dilakukan.

Tiroid menghasilkan dua hormon utama, yaitu tiroksin ( T-4) dan triiodothyronine ( T-3), yang mempengaruhi setiap sel dalam tubuh. T-4 dan T-3 berfungsi untuk mengatur metabolisme lemak dan karbohidrat, membantu mengontrol suhu tubuh, mempengaruhi denyut jantung dan membantu mengatur produksi protein. Tiroid juga memproduksi kalsitonin, suatu hormon yang membantu mengatur jumlah kalsium dalam darah Anda. Jumlah T-4 dan T-3 di atur oleh Hipotalamus hipofisis dengan melepaskan Thyroid Stimulating Hormone (TSH).


Penyebab hipertiroid

Biasanya tiroid melepaskan hormon jumlah yang tepat , tapi kadang-kadang menghasilkan terlalu banyak T -4 . Ini terjadi karena beberapa alasan , termasuk :
Penyakit Graves. Graves desease merupakan gangguan autoimun di mana antibodi yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh merangsang tiroid untuk menghasilkan terlalu banyak T-4 yang merupakan penyebab paling sering dari hipertiroid. Para ilmuwan tidak yakin apa yang menyebabkan penyakit Graves, meskipun beberapa faktor seperti genetik mungkin terlibat. 
Hiperfungsi nodul tiroid (adenoma toksik, gondok beracun multinodular, Penyakit Plummer). Bentuk hipertiroid terjadi ketika satu atau lebih adenoma tiroid menghasilkan terlalu banyak T-4. Tidak semua adenoma menghasilkan kelebihan T-4 , dan dokter tidak yakin apa yang menyebabkan adenoma mulai memproduksi terlalu banyak hormon T-4. 
Tiroiditis. Kadang-kadang kelenjar tiroid dapat mengalami peradangan karena alasan yang tidak diketahui. Peradangan ini bisa menyebabkan kelebihan hormon tiroid yang disimpan dalam kelenjar bocor sehingga masuk ke dalam aliran darah. Kadang-kadang tiroiditis dapat terjadi setelah kehamilan (tiroiditis pasca-melahirkan). 


Faktor resiko hipertiroid 

Yang termasuk faktor resiko terjadinya hipertiroid adalah :
Riwayat anggota keluarga menderita penyakit grave’. 
Jenis kelamin wanita. Wanita lebih cenderung terkena penyakit grave’ dibandingkan dengan wanita. 


Gejala dan tanda hipertiroid

Gejala dan tanda hipertiroid mirip dengan masalah kesehatan lainnya karena semua memiliki barbagai tanda dan gejala seperti :

Tiba-tiba berat badan menurun walaupun nafsu makan dan diet tetap normal atau bahkan meningkat. 
Detak jantung cepat (takikardia) yang umumnya lebih dari 100 detak per menit, detak jantung tidak teratur (aritmia) atau jantung berdebar (palpitasi). 
Nafsu makan meningkat 
Kegugupan, cemas dan mudah marah 
Tremor (tangan gemetar terutama terlihat saat memegang benda) 
Sweating (berkeringat) 
Perubahan pola haid 
Sensitivitas terhadap panas meningkat 
Perubahan pola buang air besar, buang air besar menjadi lebih sering 
Sebuah kelenjar tiroid membesar (gondok), yang mungkin muncul sebagai pembengkakan pada pangkal leher 
Kelelahan dan kelemahan otot 
Kesulitan tidur (insomnia) 

orang dewasa yang lebih tua lebih mungkin untuk memiliki salah satu tanda-tanda atau gejala seperti peningkatan denyut jantung, intoleransi panas (tidak tahan terhadap panas) dan cenderung untuk menjadi lelah selama aktivitas normal, merupakan petunjuk diagnosa hipertiroid.


I. Khasit tanaman obat tradisional mengkudu terhadap hipertiroid

Mengkudu dikenal sebagai tanaman obat tradisional yang mempunyai khasiat sebagai obat. dipopulerkan pertama kali oleh penduduk kepulauan Polinesia,Hawaii,samoa.kahuna (sebutan tabib) di ketiga kepulauan ini kerap meracik buah,akar, daun, dan kulit batang obat tradisional mengkudu dalam pengobatan. bahkan mereka menganggap tanaman obat tradisional mengkudu sebagai tanaman suci karena khasiat yang dimilikinya.

Dalam buku The medical book of Malayan medicine direkomendasikan bahwa buah tanaman yang bernama ilmiah Morinda citrifolia L. ini digunakan untuk mengobati leukore (sebutan lain keputihan). Buah mengkudu adalah bagian yang paling banyak digunakan. kandungan senyawa aktif dalam buah tanaman ini diantaranya alkaloida, flavonoida, antrakinon, danpolifenol. senyawa – senyawa aktif 


inilah diduga kuat bermanfaat menanggulangi penyakit.

Obat tradisional Mengkudu biasanya ditemukan di pegunungan yang mencapai tinggi 1500 meter di atas permukaan laut. daerah dengan curah hujan antara 1500-3000 mm pertahun, mengkudu dapat tumbuh dengan baik. tanaman ini lebih menyukai tanah yang subur dan lembab. namun mengkudu juga dapat hidup di daerah kering dengan pengairan yang minim.
Pada awalnya, obat tradisional mengkudu merupakan tanaman liar yang dapat ditemukan dimana saja. tanaman obat tradisional ini dapat tumbuh di daerah pantai hingga pegunungan. menurut rumphius, mengkudu tumbuh liar di tepi pantai di seluruh kepulauan nusantara. mengkudu selalu dapat dijumpai di kampung-kampung di jawa.

Mengkudu merupakan tanaman pohon berkayu. tingginya dapat mencapai 3 hingga 10 meter. mengkudu umumnya berdaun lebat berbentuk elips sampai persegi empat. panjang daun berkisar antara 12-25 cm. daun mengkudu termasuk daun tunggal dengan ujung dan pangkalnya meruncing. tepi daun ratr, lebar daun 5-17 cm. pertualangan daunnya menyarupai sirp ikan,tangkai daun pendek.

Tanaman obat tradisional mengkudu sangat cepat menghasilkan buah. kurang dari satu tahun tanaman ini sudah dapat menghasilkan. pembentukan buah diawali dengan munculnya bunga berupa bongkol, bentuknya bulat. dari bongkol itu akan muncul kuncup-kuncup bunga seperti terompet.

Setelah pertumbuhan bunga selesai, maka bongkol itu juga yang nantinya akan terus membesar sampai menjadi buah mengkudu.

Biji tanaman obat tradisional mengkudu dapat ditemui dalam buah yang sudah tua atau sudah matang. biji mengkudu sangat banyak. bentuknya segi tiga,warna coklat kemerahan,dan keras sekali. tanaman obat tradisional mengkudu baru dapat diperoleh dengan menyemai biji-biji yang sudah keras tersebut.


Khasit tanaman obat tradisional mengkudu

Obat tradisional Mengkudu diyakini memiliki khasiat banyak sekali. buahnya diketahui bersifat antidiabetes (hipoglikemik). mengkudu juga berkhasiat sebagai antitetanus, antiseptic, antiinflamasi, obat disentri, dan obat diare. tanaman yang popular dengan sebutan pace ini juga dapat menurunkan demam (antipiretik), peluruh air seni (diuretic), serta berefek laksatif. mengkonsumsi buah mengkudu juga dapat meringankan penyakit asma dan reumatik. 

Lalu bagaimana hubungannya antara hipertiroid dan buah mengkudu?Danu dkk dari fakultas kedokteran UGM, pada tahun 1997 meneliti buah tanaman ini terhadap kelinci. mereka melaporkan bahwa perasan daging buah pace (mengkudu) menunjukan tendensi penambahan kepekaan terhadap efek adrenalin, serta mampu menghambat efek norarenalin pada jantung hewan yang dicoba. 
Pada penelitian tersebut juga dilaporkan bahwa,perasandaging buah pace memberikan perubahan yang sangat berarti pada jantung.kekuatan kontraksi otot jantung menurun, kecepatan denyutnya pun turut menurun. parasan daging buah tanaman obat tradisional ini juga meningkatkan jumlah darah yang mengalir ke pembuluh koroner jantung permenitnya, sehingga kematian jaringan ini (infark) dapat dihindari.
Tetapi, seperti kita tahu bahwa terdapat kaitan yang sangat erat antara kelenjer tiroid dan kelenjar adrenal pada manusia.jika, salah satunya terganggu,maka yang lainnya juga akan terganggu. sangat mungkin, hubungan inilah sehingga tanaman obat tradisional mengkudu dapat menyembuhkan hipertiroid dan juga menurunkan kecepatan denyut jantung penderitanya.




Buah mengkudu meningkatkan fungsi kelenjar tiroid,imunitas tubuh, menormalkan tekanan darah, melawan kanker dan tumor. buah tanaman obat tradisional ini juga mampu menghilangkan rasa sakit (analgesik), mengempiskan radang dan antialergi, serta antibakteri. buah tanaman obat tradisional ini juga dapat mengatur suasana hati dan mengatur siklus energi tubuh.

Walaupun belum ada penelitian tentang manfaat buah mengkudu terhadap hipertiroid, setidaknya buah mengkudu bermanfaat untuk mengurangi gejala – gejala yang ditimbulkan oleh hipertiroid yang disebabkan oleh penyakit grave, suatu penyakit yang disebabkan oleh proses autoimun (immune system). berdasarkan penelitian dr. neil solomon, jus mengkudu bermanfaat bagi penderita penyakit autoimun sebanyak 78%.

I. Ciplukan (Physalis peruviana) : Obat Herbal Untuk Penyakit Hipertiroid

Ciplukan adalah Tanaman asal Peru itu tumbuh di ladang atau lahan kosong. Buahnya bulat tertutup dalam kantong mirip lampion. Sekilas bentuknya persis kantong kemih Itulah sebabnya ia diberi nama ilmiah Physalis peruviana. Dalam bahasa Yunani physalis berarti kantong kemih. Anggota famili Solanaceae itu terbukti ampuh mengatasi hipertiroid. Ciplukan mengandung senyawa asam sitrun, fisalin, asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, dan vitamin C. Di Indonesia belum ada riset ilmiah yang membuktikan kemujaraban kerabat tomatitu.

Namun, di mancanegara banyak ahli menelitinya. Mahmood Vessal dari Departemen Biokimia Shiraz University of Medical Sciences, Iran, misalnya, membuktikan keampuhan ciplukan mengatasi hipertiroid. Ia menginjeksi ekstrak ciplukan ke tikus betina dewasa. Hasilnya, aktivitas lysyl-aminopeptidase (Lys-AP) pada pituari meningkat 50% dan 45% basomedial hypothalamus (BMH). Nilai itu mirip dengan pemberian beta estradiol 15 ?g selama 5-8 hariketikus.

Jika tikus diberikan beta estradiol sekaligus larutan ciplukan meningkatkan aktivitas enzim pituitari sebanyak 9% dan hipotalamus 5%. Dengan meningkatnya aktivitas enzim hipotalamus dan pituari, sekresi TSH yang tidak beraturan dapat dicegah. Departemen Farmasi Universitas Cartagena, Kolumbia menemukan ciplukan bersifat imunomodulator alias peningkat kekebalan dan juga antipembengkakan. Tumbuhan yang di sini disia-siakan itu ternyata berkhasiat mengatasi hipertiroid.(Trubus).

Herbal lain yang membantu menyeimbangkan hormonal termasuk hormon endokrin tiroid.

Ciplukan telah terbukti kasiatnya Albertus Suharno seorang penderita hipertiroid, dokter memberikan pil radioaktif yodium 131 sebanyak 2 kali dan menyuruh mengkonsumsi propylthiouracil (PTU) 100 mg selama 2 pekan. Ia menjalani perawatan di Singapura 6 kali dalam 3 bulan. Hasilnya, bukan kesembuhan yang didapat tetapi tubuh menghitam dan kurus. Bobotnya tersisa 48 kg; sebelum sakit, 54 kg. Bahkan nilai T3 tetap di atas ambang batas.

Kemudian ia mengikuti saran dari temannya untuk mengkonsumsi cuplikan dan Dua hari kemudian kegiatan mengekstrak ramuan ciplukan berulang.Sehari setelah 2 kali konsumsi ekstrak ciplukan, Suharno merasakan perubahan. Seluruh gejala penyakit yang hinggap di tubuhnya hilang. Saat bangun tidur, ia tak merasakan kelelahan. 

Jantung yang semula berdetak kencang atau tidak teratur alias palpitasi, suhu tubuh tinggi, gelisah, berkeringat, sesak napas, tangan gemetaran, dan otot lemah semuanya membaik. Yang menakjubkan jakunnya kempis. Sejak itu ia sembuh dari hipertiroid. Sudah 16 tahun penyakit itu tak pernah kembali merasuki tubuh Suharno. 

Anggota famili Solanaceae itu terbukti ampuh mengatasi hipertiroid.

1 comment:

  1. terima kasih-admin-saya penderita hipertiroid, betahun2 konsumsi carbimazole..sering kambuh saya tdk hiraukan-namun thn 2013 semester I hipertiroid kambuh saya harus opname-saya diberikan PTU, Tyrozol dan beberapa obat lainnya.namun hasil lab.masih buruk-saya baru 2 x meminumn rebusan ciplukan-hasilnya luar biasa-.saya hanya ingin sekali ke dokter-selanjutnya-ke lab.tes T3, T4 dan TSHs , semoga hasilnya normal semuanya..dan ingin mengucapkan selamat tinggal selamanya hipertiroid...aammiiinn...

    ReplyDelete